Suka {filsafat, ngoprek dan berkomentar}

6 Cara asyik mengatasi capek mata, digital worker must read!

Tidak ada komentar
Saya ingin mempopulerkan istilah predictive-programming. Ada yang bilang ini adalah conspiracy theory, atau bla bla bla. Tapi bagi saya yang suka membaca atau mendengarkan cerita saya tidak akan peduli dengan noise yang tidak kritis itu. Begini... predictive programming itu kan sebuah konsep di mana kita bisa tahu langkah kedua yang dilakukan orang dari penanaman langkah pertama - bayangkan kita orang pertama. Dan bila kita orang ketiga, kita bisa tahu bahwa apa yang dilakukan orang / fenomena kepada kita juga akan memiliki konsekuensi yang prediktif.

Mata Anda




Mungkin dunia digital ini adalah seperti arus jaman ya, menjadikan orang yang memiliki penglihatan yang baik memiliki kompetitive advantage karena mereka bisa coding dengan melihat layar monitor atau melakukan simulasi-simulasi gravis dan audiovideo di dalamnya agar bisa melakukan mass production dalam proses industrialisasi tersebut. Namun di sini seperti gelap-terang, sisi positif digitalisasi ini dibarengi dengan risiko kesehatan apalagi mata.

saya tidak melakukan cek pada statistik, tapi kalau saya bilang bahwa di jaman ini orang yang berkaca mata semakin banyak? belum lagi resiko di mana banyak juga orang yang memiliki sakit mata (yang angkanya tidak pernah dipublish). 

Saya sendiri juga pekerja digital yang berkacamata dan saya kadang merasa frustasi ya. Kenapa kok ketika kita selesai bekerja dan mau break, tetep pegang hp. Di mata selalu capek dan ditambah bebannya lagi. Apa yang kita sebut istirahat, kalau masih begitu, bukan istirahat. Istirahat yang bener adalah dengan tidak menaruh lagi beban pada mata.


Beginilah cara istirahat yang benar untuk pekerja digital


Mainan untuk tangan (rubik)

Gunakan fidget / aksesori meja lain

Dengarkan audiobook, tambah ilmu (+1)

Dengarkan musikvia headphone, tutup mata
Bermain dengan peliharaan (kalau Ada)

chatting (off-line) dengan rekan Anda


Note saya tidak menyebutkan olah raga mata sebagai sebuah istirahat, karena target saya dalam tulisan ini adalah memberikan apa yang paling penting utamanya mengubah habit kita menjadi lebih sehat. Namun untuk olah raga mata bisa melihat video ini.



Inti post ini adalah tentang bagaimana mengurangi strein mata Anda namun tetep fun!
Point plus apabila Anda bisa sekalian baca audiobook.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar